Tiap Tahun Selalu Rusak

tiap tahun selalu rusak

foto aPURWOKERTO – Persoalan di wilayah sekitar perlintasaan KA di Jalan Jendral Sudirman terus muncul. Selain antrean panjang yang terjadi tiap ada kereta api, jalan di sekitar perlintasan juga berlubang. Lubang jalan cukup dalam dan berdiameter sekitar 1 meter.

Salah satu warga Bantarsoka, Dedi mengatakan, kerusakan jalan sudah sangat. Bahkan saat ini sudah muncul lubang baru yang menambah parah kondisi jalan. “Banyak kendaraan truk semen yang lewat, jadinya jalannya tambah rusak. Belum lagi ditambah dengan arus lalu lintas normal,” katanya.

Dia menambahkan, kemacetan hampir selalu terjadi pada jam-jam sibuk. Bahkan kemacetan yang terjadi cukup panjang, tanpa adanya petugas lalu lintas yang mengatur.

Dwi, warga Purwokerto Barat juga mengharapkan jalan berlubang segera diperbaiki. Sebab kondisinya membahayakan bagi pengguna jalan. “Terutama saat hujan, lubang yang ukurannya cukup lebar tergenang air. Sehingga berbahaya bagi pengendara,” tuturnya.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kabid Pemeliharaan Jalan Dinas SDABM Kabupaten Banyumas Eriek Kusuma mengaku sudah melakukan survei. Pihaknya akan segera melakukan perbaikan dalam waktu dekat.

“Kemungkinan minggu depan sudah bisa dilakukan perbaikan jalan di wilayah perlintasan tersebut,” katanya.

Dijelaskan, kerusakan jalan di kawasan perlintasan memang selalu terjadi tiap tahun. Sehingga pihaknya selalu melakukan perbaikan. Selain beban kendaraan yang melintas, kerusakan jalan biasanya terjadi akibat adanya pengangkatan rel KA yang ada di badan jalan.

“Kalau mau diangkat, maka aspal yang ada di sekitar rel harus dibongkar dulu. Pengangkatan rel selalu dilakukan agar laju KA dapat lebih stabil. Namun sampai sekarang tidak ada upaya lanjutan pasca pengangkatan rel,” jelasnya. (bay/sus)

Sumber: