TNI AD Jelaskan soal Truk TNI Seruduk Bus Pemda Blitar di Exit Tol Warugunung

Jakarta

Sebuah truk TNI Yonif 511/DY menabrak bus Pemkab Blitar di pintu gerbang Tol Warugunung di Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Pihak TNI menjelaskan kronologi kecelakaan tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan truk Yonif 511/DY dan bus Pemkab Blitar berjalan konvoi untuk pergeseran pasukan dan materiil.

Dia mengatakan saat memasuki pintu Tol Warugunung, bus Pemkab Blitar berhenti mendadak setelah menghindari dua truk sipil. Dua truk sipil tersebut berada di luar konvoi dan akan masuk pintu Tol Warugunung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Akibatnya, bus Pemkab Blitar tertabrak oleh kendaraan konvoi di belakangnya yaitu Truk NPS Yonif 511/DY yang dikemudikan Praka F,” kata Brigjen Tatang dalam keterangannya, Selasa (23/8/2022).

Dia mengatakan Denpom V/4 Surabaya turun tangan menangani kecelakaan lalu lintas di Tol Warugunung.

“Kejadian ini telah ditangani oleh pihak Denpom V/4 Surabaya, serta tiga personel yang mengalami luka memar dan sobek telah dievakuasi ke Rumkit TK III Brawijaya Surabaya,” ucapnya.

Truk TNI Seruduk Bus Pemkab Blitar di Exit Tol Warugunung

Sebuah truk TNI menyeruduk bagian belakang bus milik Pemkab Blitar di pintu keluar Tol Warugunung, Surabaya. Dua kendaraan ini masih satu rombongan.

Kanit PJR Jatim III AKP Imam Sayfudin Rodji mengatakan rombongan dari Yonif 511/DY melaju dari arah Blitar menuju Tanjung Perak Surabaya. Iring-iringan ini melaju di lajur lambat dengan kecepatan sedang.

Sekitar pukul 08.30 WIB, rombongan tiba di Km 740. Sebelum exit Tol Warugunung, rombongan mengurangi kecepatan. Lalu, truk Yonif 511/DY berpelat Dinas 8458-V yang dikemudikan Praka F tidak bisa menguasai laju kendaraan dan menabrak bus milik bernopol AG-7005-QP milik Pemkab Blitar.

Iring-iringan tersebut terdiri dari truk angkut Yonif 511, ambulans hingga Patwal. Lalu, ada beberapa bus termasuk milik Pemkab Blitar yang mengangkut anggota TNI.

Usai menabrak bus, truk Yonif 511/DY ini juga menyerempet sisi kanan bagian depan dump truk Hino bernopol L-8641-UD yang berada di samping kiri. Truk ini tidak tergabung dalam rombongan.

Dari video yang beredar, truk TNI mengalami ringsek di bagian kabin sebelah kanan atau di bagian kemudi. Lalu, bus Pemkab Blitar mengalami kerusakan di bagian belakang sebelah kiri.

Simak juga ‘Pakar Tak Setuju soal Munculnya Wacana Polri Kembali Digabung dengan TNI:

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/hri)