Tokopedia Tanam 13.000 Pohon Mangrove di 8 Provinsi Sepanjang 2022

Jakarta

Tokopedia menggandeng Yayasan Lindungi Hutan menggelar kegiatan penanaman pohon di beberapa wilayah di Indonesia guna mendukung tercapainya misi keberlanjutan. Salah satunya, di Kawasan Konservasi Mangrove Pesisir Tambakrejo, Semarang pada Senin (22/8).

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkap pada tahun 2022, Tokopedia telah melakukan penanaman 13.000 pohon mangrove di 8 provinsi Indonesia. Selain Semarang-Jawa Tengah, beberapa daerah lainnya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan perwujudan salah satu pilar dari inisiatif Tokopedia Bersama (Tokopedia Beraksi untuk Sesama), yakni ‘Aksi Lingkungan’. Pilar ini fokus pada dukungan terhadap aksi pelestarian lingkungan serta inovasi teknologi yang turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Astri dalam keterangan tertulis, Selasa (23/8/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Astri menjelaskan aksi penanaman bibit pohon akan melibatkan karyawan Tokopedia (Nakama) dalam kegiatan kerelawanan bertajuk ‘Nakamate: Plant a Tree’, di salah satu area tanam. Sehingga pihaknya dapat lebih mengedukasi dan meningkatkan kepedulian Nakama terkait isu lingkungan.

Sebelumnya, aksi serupa juga mendapat dukungan dari pengguna Tokopedia, yang berdonasi dalam program ‘Top Donasi: Tanam Pohon’ bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN). Ia mengatakan penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan donasi untuk menanam lebih dari 7.000 pohon-dengan komposisi 40% tanaman endemik kehutanan dan 60% tanaman penghidupan-yang saat ini masih dalam proses penanaman hingga Desember 2022 di Kampung Long Duhung, Berau, Kalimantan Timur.

“Aksi kolaborasi dengan berbagai pihak ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dan mendukung aksi pelestarian lingkungan demi penghidupan yang lebih baik,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Tokopedia merupakan bagian dari grup GoTo sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Head of Sustainability GoTo Group, Tanah Sullivan mengatakan GoTo Group memiliki misi untuk mendorong Kemajuan, dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan dampak dan jangkauan kami.

“Tokopedia sebagai bagian dari GoTo Group turut menjalani misi Tiga Nol (Three Zeroes), yakni Nol Emisi Karbon, Nol Sampah, dan Nol Hambatan (Zero Emission, Zero Waste, Zero Barriers)yang kami targetkan untuk dicapai di tahun 2030,” ujar Sullivan.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan wujud dari komitmen Nol Emisi Karbon (Zero Emission), dengan penuh harap aksi ini dapat mendukung kegiatan pelestarian lingkungan yang berdampak positif dan baik kepada masyarakat lokal,” sambungnya.

Adapun kegiatan di Semarang ini juga turut dihadiri oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Bambang Suranggono. Ia mengaku mengapresiasi dan sangat mendukung program penanaman pohon oleh Tokopedia.

“Semoga upaya bersama yang dilakukan ini dapat semakin mendorong kepedulian masyarakat Semarang untuk menjaga dan melestarikan lingkungan bersama-sama walau mulai dari langkah kecil,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri pula oleh Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktur Hubungan Masyarakat Tokopedia, Nuraini Razak serta Ketua Yayasan Lindungi Hutan, Miftachurrobani.

Simak juga video ‘Mengenal Edukasi tentang Mangrove hingga Kuliner di Ekowisata Budeng’:

[Gambas:Video 20detik]

(ega/ega)