Tugu Adipura Berkoh Bakal Dilukis Batik

tugu adipura berkoh bakal dilukis batik

tugu adipura bakal dilukis batik radar banyumas berkoh
PEMELIHARAAN: Petugas perawatan tengah mengecat dinding dasar kolam air mancur Tugu Adipura Purwokerto. Rencananya di area tugu akan dibuat lukisan batik. DIMAS PRABOWO/RADARMAS

PURWOKERTO – Area Tugu Adipura atau yang dikenal bundaran air mancur Berkoh, sering dilakukan pemeliharaan. Setelah beberapa waktu lalu direnovasi, kali ini akan dibuat lukisan batik.

Digadang-gadang Jadi Ikon Baru di Banyumas, Air Mancur Tugu Gada Rujak Polo Masih Belum Ngucur

“Biar terlihat lebih cerah dan tidak monoton,” ujar Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas Puspa Wijayanti.

Poppy -begitu dia biasa disapa- mengatakan, proses pengecatan dilakukan tidak intens. Pasalnya ada keterbatasan personel. Pengerjaannya dilakukan di waktu senggang saat tidak ada kegiatan lain yang lebih penting.

“Kita terapkan skala prioritas,” katanya.

Dituturkan, nantinya bertahap akan dipasang lampu taman di sekitar Tugu Adipura. Sehingga lebih estetik yang melengkapi lukisan batik. Namun tetap menyesuaikan anggaran.

“Beberapa lampu taman yang mati juga ada yang belum diperbaiki, karena kita menyesuaikan anggaran dan perbaikan dilakukan bertahap,” tuturnya.

Rencana DLH disambut baik masyarakat. Seperti Sofia, yang mengaku setuju. Warga Purwokerto ini mengatakan, dengan adanya lukisan batik akan mengubah suasana di sekitar tugu tidak lagi monoton.

Menurutnya, jika dilukis dengan motif batik akan menggambarkan ciri khas Banyumas. “Biar terasa kearifan lokalnya,” katanya.

Sementara warga Purwokerto lainnya, Indriani mengaku masih bimbang. Antara setuju dan tidak. Menurutnya, dengan diganti cat saja sudah cukup. Namun harus sering ganti warna.

“Dikhawatirkan jadi tempat selfie, kan bahaya karena di situ lalu lintasnya ramai,” ujarnya.

Meskipun demikian, Indriani tidak mempermasalahkan jika nantinya dilukis motif batik. Bisa semakin mempercantik wajah perkotaan Purwokerto. (ely)

Sumber: