Tugu Pancasila Penuh Rumput

tugu pancasila penuh rumput

PURWOKERTO-Tugu Pancasila di Jalan Gatot Subroto kondisinya memprihatinkan. Rumpu liar dan lumut hijau dibiarkan tumbuh subur di badan tugu.

Tugu yang gagah berdiri di tengah persimpangan jalan Gatot Subroto dan Jalan Merdeka ini bagai tak terawat. Selain rumput liar dan lumut hijau yang tumbuh di badan tugu, cat tugupun terlihat luntur dan menguning akibat diguyur hujan dan diterpa panas sinar matahari. Bahkan salah satu bagian cat tugu mengelupas.

tugu pancasila penuh rumput

“Setelah diperhatikan dengan cermat banyak yang harus ditangani dari tugu ini,” kata Dian Febriyanti, salah satu warga yang sering melintas di jalan Gatot Subroto.

Janatun Istiana, salah seorang warga yang melintas kaget dengan kondisi tugu saat ini. Pasalnya selama ini ia tidak pernah memperhatikan kondisi tugu. Ia hanya melintas dan melewati begitu saja. Tetapi setelah melihat ia berharap pemerintah segera melakukan perawatan, seperti di cat ulang, dan dibersihkan dari rumput dan rumput liar yang mengotori tugu tersebut.

Kepala Seksi Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Irawan mengatakan tidak ada perawatan khusus untuk tugu pancasila. Pihaknya hanya membersihkan dan mengecat ulang tugu bekerja sama dengan komunitas yang ada di Purwokerto. Setiap kali ada laporan atau keluhan terkait tugu Pancasila pihaknya akan berusaha segera menangani masalah tersebut.

“Tahun ini kami sudah membersihkan dan merawat tugu,” kata Irawan. Ia mengatakan bahwa rumput juga sudah dibersihkan tetapi memang rumput selalu tumbuh lagi dan lagi setelah dibersihkan. Ia berharap masyarakat juga ikut merawat tugu pancasila, karena tugu tersebut dinikmati oleh seluruh warga. (ing)

Sumber: