UMP Segera Kembangkan Ilmu Falak

ump segera kembangkan ilmu falak

mahful magMahful MAg

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah Mahful MAg mengatakan, akan mengembangkan kajian ilmu Falak di kampusnya. ,

Bahkan, kajian ilmu falak akan menjadi program unggulan di FAI UMP.

“Sesuai dengan arahan Rektor, bahwa FAI akan miliki program unggulan yakni dengan mengembangkan Observatorium Ilmu Falak. Kita akan miliki teropong yang yang bisa dibanggakan oleh warga se Banyumas Raya,” jelasnya.

UMP bakal kembangkan observatorium ilmu falak, yang akan diimbangi dengan alat tercanggih di Banyumas Raya. “Ketika orang bicara FAI. Apa si keunggulannya. Dan dijelaskan oleh Rektor yakni tentang ilmu falak dengan berbagai peralatan canggih,” jelasnya.

Mahful juga mengatakan pihaknya terus menggenjot upaya penambahan doktor, sejalan dengan rencana strategis kampus setempat yang tahun ini fokus pada pengembangan SDM.

“Insya Allah untuk Dekan periode 2020 – 2024 ini kita akan mulai dari Sumber Daya Manusianya, dosennya dulu. Dosen berpendidikan Doktor sudah ada empat, kemudian lektor kepala sudah ada tiga, nanti semua dosen FAI, harapannya di tahun 2025 itu sudah 80 persen doktor,” jelasnya.

Untuk guru besar, lanjut Mahful, ditahun ini ada satu calon kandidat, dan dua tahun kemdian optimis ada lagi doktor. “Di tahun 2021 Insya Allah ada satu doktor lagi, dan ditahun 2022 nanti kira dosennya sudah 60 persen doktor,” jelasnya.

FAI juga akan mendirikan program double degree yang terintegrasi antara FAI dengan pesantren Imam Malik. “Dibuka program S1 Pendidikan Bahasa Arab yang berintergrasi dengan pesantren Imam Malik. Hal itu dikarenakan banyak kekurangan pendidik dan guru bahasa arab yang ada saat ini,” jelasnya. (tgr/dea)

Sumber: