Umur TPA Gunung Tugel Tinggal 5 Tahun

umur tpa gunung tugel tinggal 5 tahun

PURWOKERTO – Pertumbuhan sampah di wilayah Purwokerto sudah cukup meningkat. Hal itubakal berdampak pada kapasitas penampungan di tempat pembuangan akhir (TPA) Gunung Tugel. Sampai saat ini, TPA Gunung Tugel dimungkinkan masih mampu menampung sampah dari wilayah perkotaan hingga lima tahun ke depan. Sehingga perlu dilakukan alternatif pemindahan TPA ke lokasi yang lebih luas.

Dari data yang ada, Kapasitas TPA Gunung Tugel hanya mampu menampung sekitar 300 hingga 350 meter kubik. Kebanyakan sampah berasal dari Purwokerto, dengan sampah jenis anorganik berupa limbah plastik dan kardus.

Kepala Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Banyumas Andrie Subandrio mengatakan, saat ini pihaknya masih berupaya melakukan proses pemindahan TPA ke wilayah Kaliori. Namun sampai saat ini upaya tersebut belum terealisasi, karena belum siapnya operasional TPA Kaliori untuk menampung beban dari TPA Gunungtugel.

“Kita masih menunggu hasil studi geologi di wilayah TPA Kaliori untuk perluasan TPA. Setelah itu baru akan dilakukan pembebasan lahan,” ujarnya.

Untuk saat ini, Andrie memastikan TPA Gunung Tugel masih mampu menampung sampah dari Purwokerto sampai lima tahun ke depan. Untuk itu, pihaknya masih berupaya menyiapkan TPA Kaliori agar bisa menjadi solusi penampungan sampah saat TPA Gunung Tugel sudah overload.

Saat ini, TPA Kaliori baru memiliki luas sekitar tiga hektar. Menurut rencana, Pemkab akan menambah luas antara tiga sampai empat hektare. Dikatakan, pembebasan lahan bertujuan untuk menghindari pencemaran lingkungan akibat kegiatan pengolahan sampah TPA. Selain itu, pembebasan lahan bertujuan untuk memastikan keselamatan warga di sekitar lokasi.

Berdasarkan data Unit Pengelola Teknis (TPA), TPA Kaliori menampung sekitar 70 sampai 75 meter kubik sampah per hari. Sampah berasal dari wilayah Banyumas timur, seperti Kemranjen, Sumpiuh dan Tambak.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi longsoran sampah di TPA Gunung Tugel, DCKKTR sudah melakukan perataan tumpukan sampah yang telah membumbung tinggi. Selain itu juga dilakukan penimbunan tumpukan sampah menggunakan tanah.

Tidak hanya itu, saat ini luasan TPA Gunung Tugel mencapai 6,7 hektare. Bertambah dari luasan sebelumnya yang hanya mencapai 5,3 hektare. (bay/sus)

Sumber: