Upaya Polisi Cegah Kemacetan Saat Citayam Fashion Week Jadi Sorotan

Jakarta

Fenomena catwalk di zebra cross ‘Citayam Fashion Week' akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan masyarakat. Tidak hanya masyarakat biasa, tetapi kalangan artis juga ikut-ikutan catwalk di ‘Citayam Fashion Week' ini. Seiring banyaknya warga yang mengikuti tren ‘Citayam Fashion Week' ini, lalu lintas di lokasi menjadi macet.

Pasalnya, masyarakat tumpah ruah ke jalan dan tidak tertib. Masyarakat berbondong-bondong melakukan catwalk di zebra cross ‘Citayam Fashion Week' sehingga memacetkan lalu lintas.

Sejumlah pengguna jalan mulai mengeluhkan kemacetan yang ditimbulkan akibat adanya fashion show di zebra cross tersebut. Pihak kepolisian melakukan upaya normalisasi untuk mencegah kemacetan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Polisi Normalisasi Lalin di Citayam Fashion Week

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan ‘Citayam Fashion Week' ini kerap menimbulkan ekor kemacetan yang panjang. Pihaknya melakukan normalisasi di ‘Citayam Fashion Week' untuk mengurai kemacetan tersebut.

“Oleh karenanya, kami melakukan upaya normalisasi karena, setelah kita pantau, simpul kemacetannya itu dari adanya aktivitas di Citayam (Dukuh Atas). Masyarakat bisa lihat sendiri ada pola arus lalu lintas dari empat lajur dari Jalan Jenderal Sudirman, tiba-tiba mengerucut, akan berbelok ke arah lokasi Dukuh Atas, di bawah itu di sanalah terjadi sumbatan,” jelas Komarudin kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2022).

Normalisasi ini dilakukan dengan menutup sementara zebra cross Dukuh Atas. Penutupan dilakukan dengan penjagaan personel kepolisian di lokasi.

“Jadi bukan blokade, kalau blokade berarti zebra cross-nya nggak bisa dipakai, (tetapi) kita tutup untuk meminimalkan dampak yang terjadi,” imbuhnya.

Polisi Jaga Zebra Cross Dukuh Atas

Upaya normalisasi lalu lintas dilakukan dengan menempatkan petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Petugas akan terus melakukan penjagaan di lokasi pada jam-jam rawan macet pada sore hari.

Ada polisi yang berjaga di ujung zebra cross dekat bahu jalan. Ada juga dua polisi yang berjaga di tengah-tengah jalan, berikut 2 buah traffic cone yang ditempatkan pada posisi yang sama.

Di ujung zebra cross terdapat water barrier. Water barrier ditempatkan di dekat zebra cross mengantisipasi warga tumpah ruah ke jalan.

Satu unit mobil layanan polisi ditempatkan di bahu jalan. Lengkap dengan pengeras suara untuk memudahkan memberikan imbauan kepada masyarakat di lokasi.

Baca di halaman selanjutnya: polisi imbau warga tak fashion show di zebra cross.

Simak Video: Momen Sejumlah Orang Bubarkan Citayam Fashion Week

[Gambas:Video 20detik]