Viral Speed Bump ‘Dicat Zebra Cross’ di Sunter Bikin Pemotor Berjatuhan

Jakarta

Sebuah video memuat sejumlah pengendara motor terjatuh di dekat Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, viral di media sosial. Pemotor terjatuh akibat keberadaan speed bump atau polisi tidur yang dicat menyerupai zebra cross.

Speed bump itu berada di Jalan Danau Sunter, Jakarta Utara. Dalam video viral itu memperlihatkan satu pengendara motor yang tergeletak di pinggir jalan setelah terjatuh saat melintasi speed bump di lokasi.

Speed bump adalah alat pembatas kecepatan yang digunakan hanya pada area parkir, jalan privat, atau jalan lingkungan terbatas dengan kecepatan operasional di bawah 10 km/jam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam video viral itu memang memperlihatkan kondisi speed bump yang dicat dengan warna hitam dan putih. Secara kasatmata, speed bump di lokasi memang mirip dengan zebra cross.

Speed bump yang mirip zebra cross ini membuat pengendara motor yang melintas diduga ‘tertipu’. Para pemotor itu tidak mengurangi laju kendaraannya karena mengira yang ada di depan mereka adalah zebra cross, bukan polisi tidur atau speed bump.

“Bahaya banget. Sumpah. Bikin orang jatuh semua, udah banyak yang jatuh. Itu bahaya banget. Sumpah,” kata perekam video seperti dilihat, Kamis (25/8/2022).

Dimintai konfirmasi, Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Utara AKP Edi Wibowo mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya warga yang terjatuh pagi tadi di lokasi. Namun ia tidak memerinci apakah pemotor yang jatuh itu akibat keberadaan speed bump tersebut.

“Tadi pagi katanya ada (pemotor terjatuh di lokasi), cuma tidak dilaporkan. Jadi dia jatuh langsung bawa pulang,” kata Edi.

Edi enggan berkomentar lebih jauh perihal keberadaan speed bump yang dinilai merugikan pemotor. Pihaknya pun mengaku belum melakukan pengecekan ke lokasi.

“Itu kita tidak ke TKP, kita tidak menangani. Coba tanya ke Polsek Tanjung Priok, ya. Sampai saat ini kita belum ada laporan, jadi belum bisa berkomentar banyak,” tutur Edi.

Simak juga Video: Nekat Nyeberang di Jalur Ramai, Pesepeda Ontel Dihantam Pemotor

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mea)