Wabup: Pemdes Harus Efektif Gunakan Dana Desa

wabup: pemdes harus efektif gunakan dana desa

pemdes harus efektif gunakan dana desa
Wabup pada acara Bursa Inovasi Desa. HKM/RADARMAS

PURWOKERTO-Penggunaan Dana Desa (DD) diminta agar semakin efektif. Sehingga tingkat kualitas tepat sasarannya berdampak pada kesejahteraan dan kemandirian warga desa.
Inovasi dari Pemdes sangat diharapkan, sebab realisasi hasil kreatifitas itulah yang dinantikan dari adanya Dana Desa.

“Dengan menguatnya kapasitas, diharapkan desa mampu mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono, kemarin (26/11).

Sehingga Pemerintah Kabupaten Banyumas melaui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermased) menyelenggarakan kegiatan Bursa Inovasi Desa, Senin (26/11) di Hotel Grand Karlita. Kegiatan dengan mengusung tema “inovasi untuk kemandirian desa”. Dihadiri Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Ketua BPD dan perwakilan tokoh masyarakat Banyumas.

Sadewo mengatakan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, telah memberikan kewenangan yang lebih luas kepada desa dalam mengelola potensi dan sumber daya desa maupun dalam pengelolaan keuangan desa, untuk mewujudkan desa yang lebih maju, mandiri, berdikari, dan sejahtera. (hkm)

Sumber: