Waduk Mrica Kirim Lumpur ke Sungai Serayu, Ini Kata Bupati Banyumas

sibnews.info, Banyumas – Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein meminta PT Indonesia Power bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan akibat pembuangan (flushing) lumpur ke hilir Sungai Serayu.

Husein mengungkapkan, pembuangan lumpur dari waduk Mrica di Banjarnegara ini mengakibatkan matinya ribuan ikan endemik Serayu dan menyebabkan produksi air PDAM terhenti dan kerusakan pada irigasi.

“Karena ini adalah force majeure, kami maklumi bahwa itu terjadi,” kata Husein, seusai rapat dengan manajemen PT Indonesia Power di ruang rapat bupati, Jumat (8/5/2022).

Namun, Ia menyayangkan pembuangan lumpur itu tidak dikoordinasikan dengan pemerintah daerah yang terdampak, termasuk dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak.

“Tetapi, ini tetap salah juga, karena tidak ada koordinasi dengan kami. Kalau ada koordinasi kemungkinan kami bisa prepare dulu, agar masyarakat siap, PDAM siap, dan juga tidak akan sekeruh seperti itu,” ujar Husein.

Untuk itu, Husein meminta PT Indonesia Power bertanggung jawab mengembalikan biota Sungai Serayu dan memberikan kompensasi kepada PDAM. Kompensasi bukan dalam bentuk uang, namun bisa berupa penanaman pohon atau lainnya untuk menjaga kelestarian sumber air.

Selain itu, Husein juga meminta pengelola waduk memerbaiki SOP sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. (F13)*