Waketum Partai Garuda Minta Makelar Politik Tak Diberi Panggung

Jakarta

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Garuda Teddy Gusnaidi minta makelar politik tidak dikasih panggung di Pemilu 2024. Pasalnya, banyak di antara mereka yang justru menyampaikan narasi kebencian.

“Saat ini pembicaraan politik dan pemilu dikuasai oleh para makelar politik. Begitu banyak makelar politik yang diberikan panggung untuk menyampaikan narasi kebencian, menyampaikan fitnah dan membangkitkan isu sara, jadi akhirnya pendidikan politik kepada masyarakat terbenam dengan informasi sesat,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2022).

Menurutnya, saat ini, ada segelintir politisi justru mengikuti narasi yang dibangun oleh para makelar politik. Imbasnya di akar rumbut saling membenci. Fenomena tersebut menurutnya bertentangan dengan UU Partai Politik. Ia menegaskan harusnya partai politik memberikan pendidikan politik ke masyarakat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pendidikan politik itu bukan berarti tidak ada intrik, tentu intrik itu bagian dari pendidikan politik, karena namanya Pemilu adalah kontestasi, di mana akan ada benturan pemikiran dan benturan pendapat, di mana pertarungan pemikiran dan pendapat itu harus ada,” jelasnya.

Ia meminta agar partai politik tak sekadar lip service soal narasi membuat Pemilu yang sehat. Partai politik tak seharusnya bekerja sama dengan makelar politik.

“Jangan hanya jadi bualan dalam pidato politik bahwa harus membuat pemilu yang sehat, tapi masih memberikan panggung dan bekerja sama dengan para makelar politik,” tutupnya.

(fhs/ega)