Warga Banjarnegara Sampaikan Terimakasih Untuk Bupati

sibnews.info, Banjarnegara – Ucapan terimakasih disampaikan kepada Bupati Banjarnegara Budi Sarwono atas segala upaya memperjuangkan masyarakat Banjarnegara ketika negeri ini mengalami krisis akibat dampak Pandemi Covid-19. Selain bantuan tunai, bantuan dalam bentuk Sembako juga sangat berarti penting bagi warga masyarakat, terhitung sejak setahun terakhir.

“Terimakasih pak Bupati, hampir selama setahun ini kita memperoleh bantuan dalam bentuk Sembako. Dan bulan ini kita mendapatkan bantuan telor hampir dua kilo, dan dengan kualitas yang bagus,” kata Emah, Pekauman, Kecamatan Madukara.

Pemerintah menggelontorkan berbagai skema bantuan untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid-19. Dana triliunan rupiah itu dikucurkan untuk program jaring pengaman sosial. Berbagai bantuan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi.

Salah satu bantuan yang diberikan kepad masyarakat terdampak Covid-19 yakni Bansos Sembako. Untuk bansos sembako, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 42,5 triliun dan menyasar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Siapa saja yang menjadi penerima bansos ini?

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama mengatakan, bansos sembako diberikan untuk keluarga miskin dan rentan, yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Asep mengatakan, bansos sembako diberikan setiap bulan selama setahun, mulai Januari hingga Desember 2021.Penerima bansos sembako akan mendapatkan uang sebesar Rp 200.000 tiap bulan.

Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Banjarnegara, Dita mengatakan, seluruh warga penerima manfaat akan menerima bantuan sosial dalam bentuk sembako dengan kualitas yang dijamin bagus.

Tim Fokus Banyumas