Wartawan Lakukan Tes Urine

wartawan lakukan tes urine

foto aPURWOKERTO – Untuk memperingati Hari Pers Nasional dan hari ulang tahun ke-70 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), puluhan wartawan melakukan tes urine pada Rabu (10/2).

Kasi Pencegahan dan Dayamas Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas Wicky mengatakan, kegiatan tes urine merupakan ide dari PWI. “Kegiatan ini bukan kami yang mengadakan, kami diundang oleh PWI,” ujarnya.

Menurut Ketua PWI Kabupaten Banyumas Sigit Oediarto, tes urine bertujuan untuk mengetahui wartawan di Banyumas steril atau tidak dari narkoba. Sebab wartawan sering melakukan liputan kegiatan yang berhubungan dengan narkoba.

“Banyak wartawan yang melakukan liputan bersama BNNK. Oleh karena itu wartawan juga harus steril tidak memakai narkoba. Hal ini sebagai bagian wartawan Banyumas berperang dengan narkoba, yang pengunaannya dari tahun ke tahun pemakainya semakin banyak,” katanya.

Ada  sekitar 34 wartawan yang melakukan tes urine, dan hasilnya tidak ada satupun yang menggunakan narkoba.

Peringatan HPN diadakan di Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Danrem 071 Wijayakusuma, Dandim 0701 Banyumas, Kapolres Banyumas.

Dalam acara tersebut juga ada pemberian penghargaan kepada media massa di Banyumas, serta tokoh masyarakat yang berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Banyumas.

Di antaranya Bripka Ade Gunawan anggota Polsek Pekuncen, Daryoto warga kelurahan Karang Wangkal, Warsisto Pamong Desa Parukamal Lumbir, dan KH Khariri Sofa ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (KFUB) Banyumas. (sgh/sus)

Sumber: