Wilayah Kota Purwokerto Dipasang Lagi LPJU di 61 Titik

wilayah kota purwokerto dipasang lagi lpju di 61 titik

PURWOKERTO-Kota Purwokerto akan semakin terang di malam hari. Hal ini menyusul akan dipasangnya Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di 61 titik di Purwokerto. Antara lain di Kelurahan Kober Kecamatan Purwokerto Barat sebanyak 16 titik, Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto barat 13 titik, Berkoh 10 titik, dan Jalan Penatusan 22 titik. Pemasangan ditargetkan selesai sebelum 19 Desember 2017

“Diutamakan di jalan Kabupaten yang minim penerangan, atau rawan kecelakaan, dan pusat pemerintahan,” kata SD Harianto, selaku Staf Seksi Penerangan Jalan Umum (PJU), Dinhub Banyumas.

pasang petugas memasang lampu jenis led yang hemat listrikPASANG Petugas memasang lampu jenis LED yang hemat listrik. Selama tahun 2017, pemasangan lampu mencapai 772 titik dimana menelan anggaran hingga Rp 4,5 Miliar. (DIMAS PRABOWORADAR BANYUMAS)

Dia mengatakan, selain pemasangan di Purwokerto, lampu PJU juga dipasang di berbagai lokasi di Kabupaten Banyumas. Lokasi-lokasi tersebut antara lain di Kecamatan Gumelar, Kecamatan Ajibarang, Kecamatan, Tambak, Kecamatan Sumpiuh, Kecamatan Pekuncen, Kecamatan Lumbir, Kecamatan Wangon, dan Kecamatan Sumbang.

Anggaran pemasangan lampu PJU ini menggunakan dana APBD. Pada APBD Tahun 2017 awal, jumlah lampu terpasang 467 titik dengan nilai anggaran Rp 2,7 miliar. Kemudian pada APBD 2017 perubahan jumlah lampu terpasang 305 titik dengan nilai anggaran Rp. 1,8 miliar.

Jadi jumlah lampu PJU yang dipasang di tahun 2017 ini sampai 19 Desember mendatang adalah 772 titik.

Lampu PJU dipasang menggunakan lampu jenis LED yg hemat energi. Besar daya (watt) setiap lampunya berbeda, disesuaikan dengan lebar jalan.

Dia berharap dengan adanya pemasangan lampu PJU di ratusan titik ini dapat meningkatkan keselamatan dan kenyaman masyarakat di jalan.

“Semoga roda perekonomian masyarakat dapat terus berputar,” ujar Harianto.

Menurutnya dengan adanya lampu ini, pasar atau usaha masyarakat yang biasanya tutup pukul 16.00 atau 17.00 diakibatkan karena gelap, menjadi tutup lebih malam dan dapat mendapat penghasilan lebih dari biasanya. (ing/ttg)

Sumber: