Wow! Bonsai di Ponorogo Ini Ditawar Setengah Miliar Rupiah

Ponorong

Sebanyak 527 bonsai dipamerkan di Pameran Grebeg Bonsai Bumi Reog di halaman Pendopo Pemkab Ponorogo, Jawa Timur. Bahkan, salah satu di antara tanaman itu ada yang bernilai fantastis.

Bonsai itu adalah beringin Korea yang disebut sempat dihargai Rp 500 juta.

“Ini kemarin ditawar kolektor asal Sukoharjo Rp 500 juta, tapi sama pemiliknya tidak dilepas,” kata panitia Bambang Sudarsono kepada wartawan, seperti dilansir detikJatim, Kamis (28/7/2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bambang menerangkan sebenarnya pemilik bonsai tidak pernah mematok harga tertentu. Nilai atau harga bonsai itu tergantung dari pemilik dan kolektor yang menentukan dan menyepakati harga.

“Dan tidak jarang, pemilik tidak mau melepas karena suka,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan bonsai adalah perkara karakter. Semakin unik karakter bonsai maka semakin mahal harganya. Usia bonsai lah yang membentuk karakter pohon tersebut. Mulai dari cabang yang imbang hingga daun yang “Dan tidak jarang, pemilik tidak mau melepas karena suka,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan bonsai adalah perkara karakter. Semakin unik karakter bonsai maka semakin mahal harganya. Usia bonsai lah yang membentuk karakter pohon tersebut. Mulai dari cabang yang imbang hingga daun yang elegan. Karenanya merawat bonsai butuh waktu yang tidak sebentar.

Baca selengkapnya di sini

Simak juga ‘Saat Ada Kontes Bonsai Nasional di Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]

(idh/tor)