Wuih! AS Akan Beri Lagi Bantuan Militer Rp 44 T untuk Ukraina

Washington DC

Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan bantuan militer terbaru sebesar US$ 3 miliar (Rp 44,5 triliun) untuk Ukraina pada Rabu (24/8) waktu setempat. Bantuan militer terbaru ini diumumkan bertepatan saat Ukraina memperingati 31 tahun kemerdekaannya, juga ketika invasi Rusia memasuki bulan keenam.

Seperti dilansir AFP, Rabu (24/8/2022), seorang pejabat AS yang tidak disebut identitasnya mengonfirmasi pengumuman Gedung Putih, yang disampaikan saat Washington DC memperingatkan Moskow mungkin merencanakan gelombang serangan terhadap target-target sipil utama bertepatan hari kemerdekaan Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelensky sebelumnya mendorong warga Ukraina untuk waspada terhadap ‘teror Rusia’.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tahap terbaru pendanaan dari AS akan membantu Ukraina untuk mendapatkan lebih banyak persenjataan, amunisi dan pasokan lainnya bagi Angkatan Bersenjatanya, yang terus bertempur melawan pasukan Rusia di wilayah timur dan selatan negara itu.

Sementara itu, ketegangan meningkat di ibu kota Kiev saat Zelensky dan Departemen Luar Negeri AS memperingatkan Rusia bisa meningkatkan serangan selama masa liburan hari kemerdekaan. Perayaan hari kemerdekaan Ukraina yang jatuh pada 24 Agustus ini diredam, dengan pertemuan besar-besaran dilarang di Kiev.

Warga Ukraina muram soal peringatan hari kemerdekaan setelah enam bulan invasi Rusia yang memakan banyak korban jiwa dan memicu kehancuran.

“Enam bulan, kedamaian hidup telah rusak di setiap keluarga. Seberapa banyak keancuran, seberapa banyak korban tewas, bagaimana kami bisa terhubung dengan itu?” ucap Nina Mikhailovna (80) yang seorang pensiunan saat mengunjungi Alun-alun Kemerdekaan di pusat kota Kiev.