Zelensky Ancam Balas Rusia Jika Menyerang Saat HUT Ukraina!

Kiev

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengingatkan Rusia bahwa akan ada respons keras jika pasukan Moskow melancarkan serangan pada atau sekitar peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina, yang jatuh pada 24 Agustus.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (24/8/2022), Zelensky telah memperingatkan bahwa Rusia mungkin berupaya melakukan ‘sesuatu yang sangat buruk’ menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina, yang menandai terlepasnya Kiev dari kekuasaan Uni Soviet.

Otoritas ibu kota Kiev melarang perayaan publik pekan ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan Ukraina, dengan alasan meningkatnya ancaman serangan Rusia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kiev terletak jauh dari garis depan pertempuran dan jarang terkena serangan rudal Rusia sejak pasukan Ukraina menggagalkan upaya Moskow merebut ibu kota itu pada Maret lalu. Namun otoritas Kiev melarang acara-acara publik terkait peringatan Hari Kemerdekaan mulai Senin (22/8) hingga Kamis (25/8) waktu setempat, karena kemungkinan adanya serangan roket terbaru.

Saat ditanya soal kemungkinan serangan rudal Rusia terhadap ibu kota Kiev, Zelensky mengatakan ada ancaman serangan setiap hari dan intelijen Ukraina tengah bekerja dengan intelijen asing.

“Rusia melakukan ini sepanjang waktu. Bisakah mereka meningkatkan jumlah serangan? Iya, mereka bisa melakukannya pada tanggal 23-24 (Agustus),” ucap Zelensky dalam konferensi pers dengan Presiden Polandia Andrzej Duda yang sedang berkunjung ke Kiev.

“Apa yang akan dilakukan Ukraina jika mereka (Rusia-red) menyerang Kiev? Sama seperti sekarang. Karena bagi saya sebagai presiden, dan bagi setiap warga Ukraina, Kiev, Chernihiv, Donbas, semuanya sama. Warga Ukraina tinggal di sana. Kharkiv, Zaporizhzhia,” imbuhnya.